11 Peraturan bagi Account Officer

11 Peraturan bagi account officer
11 Peraturan bagi Account Officer - Account Officer merupakan posisi yang cukup strategis dalam usaha perbankan , dikarenakan account officer adalah bagian dari marketing yang dimana marketing adalah ujung tombak dari sebuah perusahaan. Namun dalam kesehariannya banyak sekali yang menjadi tantangan dalam pekerjaan seorang AO. Baik dikarenakan tingkat persaingan di dalam dan diluar kantor, serta tekanan dari manajemen bank untuk meningkatkan profitabilitas Bank.

Berikut adalah kesebelas peraturan yang penting untuk diketahui oleh para Account Officer :

1. Tempat diri anda untuk melihat setiap permohonan kredit sebagai suatu tantangan dan kesempatan, bukan sebagai suatu pekerjaan. Jadi setiap ada aplikasi permohonan kredit yang diterima merupakan sesuatu kesempatan uuntuk membuktikan sesuatu yang kita ketahui dan kuasai dengan baik, membuktikan pengalaman yang telah kita miliki, menjadikan kita sebagai seorang banker sebagaimana mestinya. Kesempatan untuk menyelesaikan suatu problem, menganalisis, mengevaluasi dan menyimpulkan serta memberikan keputusan untuk keuntungan bank, debitur dan masyarakat.

2. Jangan melakukan penilaian dan evaluasi secara dini, tetapi dengarlah dengan penuh perhatian, secara cerdas, penuh pengertian dan secara simpatik. Kelihatannya hal ini mudah untuk dilaksanakan, tetapi ternyata ini adalah suatu hal yang sangat sulit untuk kita lakukan sebagai manusia. Kegagalan untuk saling mengerti merupakan suatu rintangan terberat bagi komunikasi yang efektif antara dua orang atau lebih. Kita suka melihat, mendengar dan mengerti orang lain hanya bila sejalan dengan apa yang kita ingin dengar atau yang kita sukai saja. 

3. Jangan berpura-pura menguasai suatu pengetahuan yang tidak kamu ketahui atau sesuatu yang masih belum kamu ketauhi secara penuh (ragu-ragu). Tanda orang yang bijaksana adalah mengetahui sampai sejauh mana batas ilmu pengetahuan yang dikuasainya, sehingga dia tidak kan ragu-ragu menanyakan sesuatu hal yang tidak diketahuinya atau sesuatu hal yang dia masih ragu kebenarannya. Jika seorang debitur membuat asumsi yang salah bahwa account officer telah mengetahui mengenai dirinya dan bisnis yang sedang digeluti, sehingga debitur tidak memberikan penjelasan secara detail dan akibatnya account officer memberikan keputusan yang salah terhadap permohonan kredit yang sedang ditanganinya. Hal ini diakibatkan karena ko-nya tidak mau bertanya lebih lanjut mengenai ketidaktahuannya.

4. Buatlah dirimu tidak terpusat pada detail (walaupun hal tersebut juga harus dicover)

5. Perlu diingat dalam pemberian pinjaman, bahwa itu tidak semudah bertanya “seberapa baik” tetapi juga “seberapa liquid”. Jadi sebuah pinjaman dapat dikatakan aman apabila pinjaman tersebut dapat dilunasi sesuai dengan jangka waktunya tanpa melakukan teguran atau paksaan kepada debiturnya untuk melakukan pembayaran kewajiban.

6. Jangan membuat komitmen pada diri sendiri sebelum kita mengumpulkan seluruh informasi dan data-data yang dibutuhkan, mempertimbangkan seluruh aspek dan memberikan keputusan yang sesuai dengan hasil analsis yang telah dilakukan.

7. Siapkan pekerjaan sesempurna mungkin dalam pertemuan komite kredit atau manajemen bank

8. Jangan merasa bersalah apabila pertimbangan akhir dari seluruh informasi dan data yang telah dikumpulkan adalah suatu penolakan terhadap suatu permohonan kredit.

9. Terimalah semua tanggung jawab dan buatlah keputusan sendiri berdasarkan semua data-data yang kita terima, mempertimbangkan seluruh aspek dari permohonan yang diajukan dan telah memiliki alasan yang baik untuk membuat keputusan tersebut.

10. Ketika kita telah melakukan seluruh analisis terhadap data-data dan sampai pada kesimpulan bahwa kita akan memberikan fasilitas kredit tersebut, maka katakanlah dengan baik.

11. Kemampuan account officer untuk memberikan kredit sebenarnya sangat bergantung pada keterampilannya dalam melakukan analisis terhadap informasi dan data-data setiap permohonan kredit, berdasarkan berapa banyak pengalaman yang telah diperolehnya, pengetahuan dan common sense-nya.  

Share this :

Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

mantap min pembahasannya..,ane request dong tugas dan fungsi pps/mdp/odp...,

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔